0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerimaan Siswa Baru

Sekolah Ngeyel Pungut Biaya Terancam Sanksi

Kabid SMP Disdikpora Boyolali, H Suroto (Dok.Timlo.net/ Byll)

Boyolali — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Boyolali akan memberikan sanksi tegas bagi sekolah yang memungut biaya dari peserta atau pendaftar dalam penerimaan siswa baru. Sanksi yang diberikan mulai dari teguran hingga somasi.

“Kalau ada yang memungut biaya, dengan dalih apapun, termasuk diantaranya menjual stopmap dengan stempel khusus, laporkan saja ke dinas,” ungkap Kabid SMP Disdikpora Boyolali, H Suroto, Jumat (22/6).

Larangan tersebut sudah disampaikan ke sekolah-sekolah melalui juklak dan juklik penerimaan siswa baru. Sementara untuk waktu pendaftaram akan dimulai Senin-Jumat (25-29/6). Khusus untuk SMP swasta ditambah sehari.

Sementara untuk tahun ini diperkirakan semua lulusan SD yang mendaftar ke SMP dipastikan mendapat tempat. Dijelaskan, total jumlah SMP negeri mencapai 52 sekolah dan 40 SMP swasta. Untuk jumlah kursinya tersedia sebanyak 12 ribu buah. ”Artinya semula lulusan SD dijamin bisa dimendapat kursi di SMP, kita juga melarang sekolahan termasuk SSN dan SPM untuk tidak menolak calon siswa dan pendaftar,” imbuh Suroto.

Selain dilarang menolak pendaftar, sekolahan juga tidak boleh melebihi kuota yang ditentukan. Jika melebihi kuota maka haruskan ada seleksi berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN) maupun piagam penghargaan yang dimiliki pendaftar. ”Sekolah tidak boleh menambah jumlah kelas, ini agar semua sekolah mendapatkan siswa dan tidak tutup, terutama di sekolahan pinggiran,” tandasnya. (byl)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge