0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

6 Reportoar Awali Pre-Event SIPA 2012

Salah satu performance pre-event SIPA 2012 di Atrium Solo Grand Mall, Kamis sore (21/6). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

SoloSolo International Performance Art (SIPA) 2012 mulai menunjukkan gemanya. Enam reportoar mengawali pre-event di pusat perbelanjaan Solo Grand Mall, Kamis (21/6).

Sejumlah seniman dan kelompok seni yang mermaikan pre-event SIPA 2012 ini antara lain Semarak Candra Kirana (SCK) Art Center, SMAN 1 Surakarta, SMAN 2 Surakarta, Unit Pengembangan Kesenian Daerah (UPKD) dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Teater Lugu dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Bhahana Dwipa Ensembel dari Institut Seni Indonesia Surakarta.

Acara ini merupakan pre-event pertama yang digelar sebelum mencapai event besar bertaraf international, SIPA 2012 pada 28-30 September 2012 di Pamedan Mangkunegaran Solo. Pre-event pertama ini, lanjut Humas SIPA 2012, Pradina Kurnia, akan mengenalkan Icon SIPA 2012 yaitu Gusti Timoer Rumbai Kusuma Dewayani (Puteri Sinuhun PB XIII Hangabehi) yang nantinya akan menjadi Dewi Gaia, sosok dari mitologi Yunani yang dikenal sebagai dewi bumi dan sering disebut sebagai ibu alam karena menciptakan banyak kehidupan di bumi.

Sampai sekarang, lanjut Pradina, sudah 15 delegasi yang positif akan tampil di SIPA 2012. Berbeda dengan awal SIPA dahulu sekarang banyak delegasi dari luar negeri yang malah menawarkan kesediaan mereka untuk tampil di SIPA. “Ada beberapa delegasi yang menawarkan diri untuk tampil di SIPA diantaranya Taiwan dan Jepang,” ujarnya saat ditemui  Timlo.net di acara pra-event tersebut.

Pradina menambahkan, digelarnya SIPA 2012 ini masyarakat Solo memiliki rasa sense of belonging yaitu rasa untuk sama-sama memiliki terhadap gelaran ini dan mendorong mereka untuk menyaksikan pagelaran tingkat internasional yang lahir dari Kota Solo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge