0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Tenaga Honorer Akan Diangkat Maksimal 2014

Kepala BKD kota Solo, Etty Retnowati (timlo.net - dhefi)

Solo – Sebanyak 14 tenaga honorer yang termasuk dalam kategori I akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini. Sementara, 840 tenaga honorer lainnya yang termasuk dalam kategori II, akan diupayakan untuk diangkat menjadi PNS sampai dengan tahun 2014 mendatang. Setidaknya itulah yang mencuat dalam Rakor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo Etty, Retnowati mengatakan, tenaga honorer kategori I tersebut ada pada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), meliputi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). “Melalui dua jenis tes, yakni tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang,” katanya kepada wartawan, Kamis (21/6).

Sementara, untuk tenaga honorer kategori dua, ia mengaku belum mendapatkan petunjuk pelaksanaan (juklak) maupun petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpan. “Tapi sudah ada acuan untuk diangkat sampai dengan 2014 mendatang,” tambahnya.

Untuk kategori II, ia masih akan melihat seberapa banyak tingkat kebutuhan PNS nantinya. Masalahnya, mayoritas tenaga honorer dalam kategori ini adalah tenaga pengajar (guru). Yang jadi persoalan, ada sejumlah formasi yang telah kelebihan tenaga pengajar. “Kalau sudah seperti ini, lha mau ditempatkan dimana?” tuturnya.

Disamping itu, belum adanya kesepakatan dalam menentukan formasi CPNS, baik itu berdasarkan analisa kebutuhan daerah apa dengan sistem passing grade. “Makanya kami masih menunggu Rakor berikutnya, termasuk solusi mana yang akan diambil,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge