0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak PNS Sragen Tak Ikut Askes

(dok.timlo.net/agung)

Sragen — PT Askes (Persero) akan mengganti namanya menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada tahun 2014 mendatang. Demikian dikatakan Kepala PT Askes Sragen, Bambang Prasetyo, ketika ditemui Timlo.net, di sela-sela Sosialisasi Program Program Askes 2012 di Kabupaten Sragen, Rabu (20/6).

Bambang mengatakan, selama ini peserta Askes hanya diikuti oleh  Pegawai Negeri Sipil (PNS), pensiunan PNS, pensiunan  TNI/Polri, pensiunan pejabat negara dan veteran beserta keluarganya yang ditanggung. “Nanti di tahun 2014, dengan berubah nama menjadi BPJS, semua anggota masyarakat bisa mengikuti program Askes,” katanya.

Namun, mengenai sistem dan persyaratan sebagai peserta Askes, sekarang baru dikaji dan dibicarakan di tingkat direktur. Dengan perubahan nama tersebut diharapkan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat dapat dilakukan dengan baik.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen, dr Farid Anshori, dalam sambutan sosialisasi Askes, mengatakan walaupun program Askes tersebut sebenarnya wajib diikuti oleh seluruh PNS, tetapi faktanya tidak semua PNS di Kabupaten Sragen menjadi anggota Askes.

“Salah satu sebab mengapa PNS tidak ikut Askes adalah karena belum memahami program Askes secara keseluruhan. Seperti hak, kewajiban dan cara pengurusan administrasi belum sepenuhnya dimengerti,” kata Farid.

Fakta lain mengapa PNS tidak mengikuti Askes adalah dikarenakan mereka tidak puas dengan pelayanan yang diberikan PT Askes kepada pesertanya. Untuk itu, kata Farid, PT Askes diharapkan dapat meningkatkan pelayanan. Dia juga meminta agar dalam sosialisasi ini, dijelaskan secara detail tentang program-program yang dimiliki PT Askes berikut cara pengajuan klaim dan sebagainya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge