0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Sekolah, KA Bisnis Banjir Penumpang

Menyambut Tahun Baru Imlek, tarif kereta api (KA) eksekutif Solo - Jakarta diturunkan (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Momentum libur panjang sekolah rupanya dimanfaatkan sebagian kalangan untuk bepergian menggunakan jasa kereta api (KA). Tak ayal, KA kelas bisnis tujuan Solo-Jakarta pun sejak sepekan terakhir dibanjiri penumpang.

Hal itu diakui Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Rustanto, saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini. Menurutnya kepadatan penumpang mulai terjadi pada Minggu (17/6) lalu, khususnya untuk KA Senja Utama.

“KA Senja Utama minggu ini penuh terus. Biasanya rata-rata okupansi (tingkat keterisian-red) 85 persen, tapi akhir-akhir ini bisa seratus persen,” ungkapnya.

Kendati terjadi lonjakan penumpang, namun diakui Rustanto, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daops) VI Yogyakarta tidak mengoperasikan kereta (gerbong-red) tambahan. Dengan kata lain, instansi pelat merah ini tetap mengoperasikan rangkaian KA reguler yang terdiri dari tujuh kereta. Masing-masing kereta berkapasitas 60 seats.

Diperkirakan lonjakan penumpang ini akan terjadi hingga akhir musim liburan, yakni 15 Juli mendatang. Sementara untuk besaran tarif, menurut Suranto, dengan membanjirnya penumpang pada masa peak season seperti ini, secara otomatis PT KAI memberlakukan tarif batas atas. Dengan demikian, saat ini harga tiket Solo-Jakarta dibanderol seharga Rp 190 ribu, naik hampir 50 persen dari harga normal sebesar Rp 130 ribu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge