0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Dirawat, 954 PLTS di Wonogiri Rusak

Wonogiri – Sebanyak 954 unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di rumah warga Kabupaten Wonogiri rusak. Penyebabnya tak dirawatnya aki penyimpan daya bagi supplai energy dari matahari.

Jumlah unit yang rusak tersebut tersebar di empat kecamatan. Masing-masing Kecamatan Karangtengah sebanyak 804 unit dan Kecamatan Wonogiri 30 unit. Juga di Kecamatan Selogiri dan Batuwarno dengan 38 dan 54 unit.

Rusaknya PLTS diungkapkan  Kepala Balai Energi dan Sumberdaya Mineral Wilayah Kendeng Muria, dan Pati, Imam Nugroho pada acara Bintek di Desa Keloran, Selogiri, Kamis (21/6). “Rusaknya aki biasanya karena ketinggian volume air aki tidak dicek, hingga elemennya mengalami korosi dan tidak awet dan gampang rusak,“ ujarnya.

Sementara itu Kabid Geologi Air Tanah dan Energi pada Dinas Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral (PESDM) Kabupaten Wonogiri, Eka Saptaningsih menambahkan, aki yang tidak dirawat justru akan menambah membengkaknya biaya operasional.

“Rata-rata warga pemilik PLTS yang rusak akinya mengambil jalan pintas dengan ngganthol listrik, yang tentunya akan mengeluarkan biaya, padahal jika dihitung-hitung hal itu akan lebih bisa dihemat jika akinya dirawat, “ jelas Eka.

Atas kenyataan itu, kedua instansi tersebut mengharapkan kesadaran dan kepedulian warga untuk merawat instalasi PLTS. Pasalnya keberadaan PLTS pada hakikatnya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat juga.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge