0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permintaan Kartu Kuning di Wonogiri Melonjak 40 %

kartu kuning (dok.timlo.net/)

Wonogiri —  Pasca penerimaan SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) yang diikuti Ijazah Kelulusan Sekolah berdampak pada peningkatan permintaan Kartu Pencari Kerja (Pencaker) atau Kartu Kuning. Perhari peningkatannya bisa sampai 40 persen.

Jika pada hari biasa permintaan Kartu Kuning hanya berkisar antara 20 hingga 25 lembar. Kini bisa melonjak sampai 40 hingga 60 lembar. “Meningkatnya permintaan Kartu Kuning terjadi mulai bulan Mei kemarin, dan kami prediksi akan tetap meningkat paling tidak hingga bulan Juli,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Wonogiri, Sri Wiyoso melalui Kabid Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (P3KT), Setyo Susilo, Kamis (21/6).

Menurut Setyo, hal tersebut sudah menjadi semacam siklus tahunan. Dimana setiap masa kelulusan sekolah selalu ada peningkatan permintaan. “Kecenderungan anak seusai lulus sekolah kemudian memilih bekerja masih tinggi, otomatis Kartu Kuning banyak dibutuhkan sebab menjadi salah satu syarat dalam melamar pekerjaan,“ terangnya.

Masih berdasarkan penuturannya, pelonjakan permintaan masih akan terjadi lagi saat menjelang Lebaran. Biasanya pemudik asal Wonogiri yang akan kembali bekerja bakal membawa serta sanak keluarganya terutama yang baru saja lulus sekolah.

“Biasanya pemudik akan balik bekerja seusai Lebaran, sehingga menjelang Lebaran sanak keluarga yang akan diajak bekerja itu berbondong-bondong mencari Kartu Kuning, “ imbuh Setyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge