0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Tolak Tuntutan Paguyuban Kades

Pilkades Serentak di Sukoharjo Tetap Digelar Desember

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya (dok.tmlo.net/ sahid b sutanto)

Sukoharjo — Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya secara tegas menolak permohonan Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa (Palapa Mukti) Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu lalu, untuk menunda pemilihan Kepala Desa (Pilkades serentak) di 125 desa.

“Pelaksanaan Pilkades serentak tidak ada penundaan. Tetap digelar Desember mendatang, karena sesuai perundang-undangan yang berlaku. 125 Kepala Desa tersebut habis masa jabatannya pada waktu itu. Sehingga tidak perlu Plt (Pelaksana Tugas),” ujar Bupati Wardoyo Wijaya, Rabu (20/6).

Pihaknya mengaku telah menerima surat permohonan penundaan Pilkades serentak yang dilayangkan Papala Mukti no 01/VI/PM/12 tertanggal 13 Juni 2012. Dalam surat tersebut, Palapa Mukti meminta penundaan Pilkades serentak karena alasan menunggu disahkannya RUU Desa oleh DPR RI.

Menurut Bupati, alasan penundaan Pilkades serentak karena menunggu pengesahan RUU Desa tersebut tidak tepat. Karena materi RUU desa tersebut belum dapat dijadikan dasar penyelenggaraan pemerintahan sebelum disahkan. Padahal saat ini masih dalam pembahasan di DPR RI. Terlebih setelah disahkan, Pemerintah masih harus membuat Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Daerah (Perda).

“Itu membutuhkan waktu lama. Setelah disahkannya RUU Desa masih harus membuat PP dan Perda.Ya tidak mungkin lah jabatan 125 Kepala Desa digantikan Plt,” tegasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge