0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapolresta: Jukir Nakal, Laporkan Saja!

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Asjima'in ketika menggelar perkara penangkapan pengedar sabu, Selasa (11/4). (Dok timlo.net/ Iwan Kawul)

Solo — Keberadaan juru parkir (Jukir) nakal akan ditindak oleh aparat kepolisian. Namun, tindakan itu dilakukan apabila ada laporan dari masyarakat atau instansi terkait. Masyarakat dipersilahkan untuk melaporkan kepada aparat kepolisian jika merasa dirugikan oleh juru parkir nakal.

“Silakan siapapun berhak melaporkan kepada kami apabila merasa dirugikan oleh Jukir nakal,” kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Asdjima’in, saat dihubungi wartawan, Rabu (20/6).

Menurut Kombes Pol Asdjimain, biasanya juru parkir nakal menaikkan tarif parkir yang tidak sesuai dengan peraturan daerah (Perda). “Salah satu ciri-ciri tindakan Jukir nakal yakni memberikan karcis parkir cetakan sendiri. Adapula jukir memberikan karcis resmi namun tarifnya diganti sendiri dengan pasang tarif seenaknya, itu jelas menyalahi aturan,” ungkap Asdjima’in.

Bahkan, tidak jarang pula Jukir nakal memaksa pengguna jalan sepeda motor maupun mobil saat memarkir di suatu tempat.  “Jika ada unsur paksaan dan masyarakat tidak terima, bisa disebut dengan tindakan pemerasan. Perbuatan itu dapat diproses hukum,” kata mantan Kapolres Purworejo tersebut.

Kapolresta Solo menambahkan, jika terjadi pemerasan semacam itu masyarakat dapat melaporkan kepada pihak kepolisian selain itu masyarakat juga bisa mengadu kepada pihak Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo.

“Hasil aduan masyarakat melalui dinas terkait akan kami tindaklanjuti. Masyarakat tak perlu takut untuk melaporkan, karena tindakan jukir nakal selama ini sangat meresahkan,” kata Asdjima’in.

Untuk tindakan lebih lanjut, sambung Asdjima’in, aparat kepolisian bekerjasama dengan dinas terkait akan mendata nama-nama juru parkir yang terdaftar resmi. Selain itu, wilayah kerja juru parkir juga dapat terdeteksi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge