0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Personel UPT-PK Sragen Dilatih Hadapi Warga Miskin

Salah satu kegiatan training motivasi personil UPT-PK. (Foto: Humas Pemkab Sragen)

Sragen —  Personel Kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) diberikan pelatihan atau Training Motivasi, dengan menghadirkan motivator dari Biro Jasa Konsultan Duta Amanah Sragen, Dewi Novita Kurniawati. Kegiatan yang difasilitasi  Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Sragen tersebut bertujuan untuk memberikan bekal bagi personil UPTPK agar memiliki spirit dan keikhlasan dalam menjalankan tugas. Demikian dikatakan Kabag Humas Pemkab Sragen, Totok Sutrisnanto, dalam rilisnya, Rabu (20/6).

Dewi Novita Kurniawati mengatakan, petugas di UPTPK tiap hari berhadapan dengan berbagai karakter dan latar belakang warga miskin yang minta perhatian dan bantuan. Karena itu disamping memerlukan sikap sabar, ikhlas, dan pendekatan psikologis, para petugas perlu memiliki kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi dalam memberikan pelayanan prima. Ketrampilan berkomunikasi, baik verbal maupun non verbal yang baik akan berpengaruh terhadap keberhasilan petugas di UPTPK dalam memberikan pelayanan prima kepada warga miskin.

Sedangkan kemampuan komunikasi non verbal ditunjukkan melalui bahasa tubuh yang positif, seperti volume dan intonasi suara, penampilan dan kerapian pakaian, serta bermacam bahasa isyarat dan gerak tubuh dihiasi dengan senyum yang tulus, penuh perhatikan dan tenang.

Kepala BPTPM Sragen Tugiyono, yang bertindak sebagai fasilitator menjelaskan, para personel Kantor UPTPK adalah orang-orang muda berpotensi dan berpengalaman, berbasis pendidikan S1 dan S2. Namun karena direkrut dari beberapa Satker yang berbeda, mereka perlu dibangkitkan kesadarannya agar memiliki visi sama dan ada ikatan  emosional yang kuat diantara sesama dalam mengemban amanah dan memberikan pengabdian secara ikhlas untuk mengurusi warga miskin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge