0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengoperasian Railbus Diundur Jumat

Railbus (ilustrasi) (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Rencana pengoperasian Railbus Batara Kresna yang sedianya akan dilakukan Rabu (20/6) ini, diundur dua hari lagi. Artinya, Railbus baru beroperasi mulai Jumat (22/6) dengan rute perjalanan Sukoharjo – Solo – Yogyakarta PP.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo Yosca Herman Soedrajat mengatakan, pengunduran jadwal operasional Railbus karena penandatanganan Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) baru dilakukan pada hari ini. “Kemarin masih perlu menyatukan pandangan antara Dirjen Perkereta apian dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Hari ini saya cek proses penanda tanganan selesai,” terang Yosca kepada wartawan, Rabu (20/6).

Ia tidak memungkiri, masih ada beberapa syarat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang harus dipenuhi oleh PT KAI terkait teknis pengoperasian Railbus. Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi yakni turunnya BASTO dari Kemenhub pada PT KAI. “Tapi yang terpenting Railbus bisa jalan dulu. Yang lain seperti perlintasan, sarana prasarana, masinis dan sebagainya bisa sambil jalan,” terangnya.

Seiring dengan beroperasinya Railbus Batara Kresna nanti, sejumlah insfrastruktur penunjang akan diselesaikan PT KAI. “Pokoknya Railbus beroperasi dulu,” tegasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge