0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa Asing Rame-rame Masak Nasi Goreng

Mahasiswa asing memasak nasi goreng di STP Sahid (dok.timlo.net/niza novita)

Solo —  Sejumlah mahasiswa asing yang tengah belajar di Solo menunjukkan kebolehannya dalam masak-memasak. Mereka, mahasiswa dari 42 negara, menghidangkan jenis makanan khas masing-masing negaranya pada acara bertema Sescosa “1 foreign students cooking demo, di STP Sahid Surakarta, Rabu (20/6).

Mahasiswa mancanegara tersebut di antarany  berasal dari Rusia, Argentnia, Thailand, Vietnam, Mexico, dan lain-lain.

Trio mahasiswa asal Vietnam yang tengah kulaih di UNS, Cao Tai Loc, Le Chi, dan Le Hoai memasak “Nasi goreng kura-kura”. “Ini tidak pakai daging kura-kura. Cuma bentuk saja seperti kura-kura, tentunya penampilan harus lebih mendukung bagi kami,” ucap Cao Tai  menggunakan Bahasa Indonesia.

Ketua STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Sahid Surakarta, Budi Purnomo, menjelaskan salah satu tujuan acara ini untuk mengajak masyarakat internasional supaya lebih mempercepat persahabatan internasional melalui apresiasi keberagaman budaya berupa kuliner utamanya di Indonesia yang sudah terkenal dengan nasi gorengnya.

“Kriteria dari penilaian itu dari rasa yang khas, penampilan, hingga sebelumnya di proses sampai penyajian. Rata-rata sudah 3 bulan mereka tahu nasi goreng. Masakan pertama membuat nasi goreng, kemudian masakan kedua masakan dari negara mereka. Setelah masak, mahasiswa ini akan tur kampus, kampus pariwisata,” jelasnya.

Ditambahkan, STP Sahid rencananya ingin menerima mahasiswa asing. “Kita baru mau merintis pekan pertama bulan Agustus dan MoU dengan universitas di Thailand dan Filipina,” tambahnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge