0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PT KAI Siap Luncurkan KA Ekstra Lebaran

PENUMPANG LEBARAN-Calon penumpang kereta api membludak di Stasiun Purwosari saat pekan Lebaran tahun lalu (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daops) VI Yogyakarta siap meluncurkan KA ekstra Lebaran, Agustus mendatang. Hal ini dilakukan tidak lain guna menghadapi lonjakan penumpang yang kerap terjadi saat pekan Hari Raya Idul Fitri.

Sebagaimana disampaikan Pejabat Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, manajemen PT KAI dalam waktu dekat akan mengoperasikan KA ekstra guna memfasilitasi perjalanan Lebaran. Setidaknya ada empat rangkaian KA yang akan dijalankan pada Agustus mendatang, yakni KA Argolawu, KA Argo Dwipangga, KA Sancaka dan KA Lodaya.

Dijelaskan, KA Argolawu dan KA Argodwipangga merupakan KA kelas eksekutif dengan rute perjalanan Solo-Jakarta. Sementara KA Sancaka dan KA Lodaya merupakan KA gabungan (ekonomi AC, bisnis dan eksekutif) yang masing-masing beroperasi di jalur Surabaya-Yogyakarta dan Solo-Bandung.

“Ini kami lakukan agar perjalanan penumpang bisa lancar dan terkendali saat Lebaran,” kata Eko, ketika dihubungi melalui sambungan seluler, Selasa (19/6).

Sementara saat disinggung perihal kapasitas penumpang, pihaknya mengungkapkan khusus dua KA kelas eksekutif, KA Argolawu dan KA Argodwipangga maksimal mampu mengangkut 700 penumpang. Adapun untuk KA gabungan, yakni KA Lodaya dan KA Sancaka masing-masing mampu mengangkut 1876 dan 1824 penumpang.

PT KAI sendiri rencananya akan mengoperasikan keempat KA tersebut mulai 14 Agustus hingga 26 Agustus mendatang. Meski PT KAI Daops VI sudah menentukan jadwal operasional, namun diakui Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Rustanto, hingga saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan secara resmi dari tingkat pusat terkait operasional KA ekstra Lebaran tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge