0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Parasol Bakal Jadi Icon Galabo

Pemaparan konsep baru Galabo, di Gedung DPRD Surakarta. (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Selain pelindung kanopi bagi pengunjung saat hujan, pusat wisata kuliner Gladak Langen Boga (Galabo) baru juga dilengkapi 2 Parasol (Payung Besar) yang harapannya sebagai ikon baru Galabo. Di bawah Parasol tersebut dibangun panggung permanen yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promo.

Kepala Bappeda Kota Surakarta, Anung Indra Susanto mengatakan parasol tersebut diharapkan menjadi landmark Galabo. Dua  Parasol seharga Rp 400 juta tersebut akan dipasang tahun 2013 yang didatangkan dari Jerman. “Kita ingin ketika orang berbicara Galabo, orang teringat Parasol tersebut,” ujarnya saat Rapat Kerja Pemapaparan Detail Enginering Desain (DED) Galabo dengan Komisi III DPRD Kota Surakarta, di Ruang Komisi III, Selasa (19/6)..

Sedianya pemasangan Parasol akan dilakukan tahun ini berbarengan dengan pembangunan shelter tahap pertama. Hanya saja rencana tersebut ditentang  jajaran Komisi III DPRD Kota Surakarta yang meminta anggaran Parasol sebesar Rp 400 juta tersebut diprioritaskan untuk menyelesaikan pembangunan shelter terlebih dahulu.

Ketua Komisi III DPRD Kota Surakarta, Honda Hendarto mengatakan pemasangan Parasol dirasa belum begitu mendesak. Pihaknya meminta agar anggaran parasol dipakai terlebih dahulu untuk menyelesaikan pembangunan shelter. “Parasol kan merupakan fungsi pendukung, sementara pembangunan shelter merupakan fungsi utama,” tegasnya.

Jika Parasol didahulukan maka shelter yang terbangun hanya 25 shelter, sementara yang dibutuhkan 57 shelter. Jika tanpa parasol maka akan terbangun 37 shelter. Akhirnya rapat pun menyetujui pembangunan shelter tanpa parasol. Untuk parasol akan dipasang di tahun 2013. Kekurangan shelter akan diselesaikan melalui APBD Perubahan dan direncanakan selesai November mendatang.

Proses pembangunan akan dimulai pada Agustus mendatang. Selama proses pembangunan, pedagang akan dipindahkan dengan dibuatkan pasar darurat di DHC (belakang Galabo). Dalam waktu dekat akan segera dilakukan sosialisasi kepada pedagang Galabo terkait pembangunan tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge