0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Hari Jadi Klaten ke 208

11 Bocah Ikuti Lomba Dalang Cilik

Peserta lomba dalang cilik saat mengikuti kegitan Giat Pekan Seni Budaya di komplek Gedung Sunan Pandanaran, Klaten Tengah (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Sebanyak 11 anak TK dan SD di Klaten mengikuti lomba dalang cilik pada ajang Giat Pekan Seni Budaya di komplek Gedung Sunan Pandanaran, Kecamatan Klaten Tengah, Selasa (19/6).

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Sugeng Haryanto, mengatakan kegiatan lomba dalang cilik ini diikuti anak setingkat TK dan SD dengan tujuan untuk melestarikan warisan budaya Jawa, terutama wayang kulit.

“Pada Giat Pekan Seni ini, selain lomba dalang cilik ada juga lomba pameran seni budaya, seperti karawitan, tari, macapat, instrumen musik, vokal tunggal, lukis dan geguritan. Para peserta ini mulai dari anak TK, SD hingga SMP sederajat,” kata Sugeng Haryanto.

Sugeng menjelaskan, gelar seni dan budaya ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Jadi Klaten ke 208 yang jatuh pada bulan Juli 2012 mendatang.

“Rangkaian kegiatan lainnya yakni pameran foto hasil karya Klaten Photografer (KlaP), pameran UMKM dan sejumlah karya anak SMA/SMK,” jelas Sugeng Haryanto.

Sementara itu, sebagai rangkaian puncak peringatan Hari Jadi Klaten ke 208, juga akan menampilkan pergelaran wayang kulit spektakuler. Dimana pada kegiatan ini akan dimeriahkan oleh penampilan 110 dalang yang dipentaskan secara serentak di 11 titik pada 7 Juli 2012.

“Tidak hanya itu, kegiatan akan dilanjutkan dengan pertunjukan tari gambyong oleh 15 ribu penari pada 8 Juli 2012. Tarian ini akan melibatkan anak-anak SMA sederajat dan para seniman,” ujar Sugeng.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge