0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dilengkapi 2 Payung Besar

Galabo Bakal Tampil Lebih Elegan

Pemaparan konsep baru Galabo, di Gedung DPRD Surakarta. (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Tidak lama lagi, kawasan wisata Gladag Langen Boga (Galabo) bakal hadir dengan konsep baru. Konsep baru tersebut menghadirkan shelter yang lebih elegan serta adanya kanopi tambahan sebagai pelindung saat hujan turun. Hal tersebut mengemuka saat Rapat Kerja Pemapaparan Detail Enginering Desain (DED) Galabo Bappeda dengan Komisi III DPRD Kota Surakarta, di Ruang Komisi III, Selasa (19/6).

Shelter baru Galabo nanti memanjang 306 m dan lebar 3 m dengan atap berupa lengkungan. Lantai shelter dari keramik sehingga lebih bersih dan mudah perawatannya. Sedangkan untuk kanopi yang merupakan pelindung saat hujan dengan lebar 5 m dan tinggi 3 m.

“Kanopi dari bahan polykarbonat tersebut dirancang dengan sistem sliding sehingga saat tidak hujan dapat ditarik ke dalam. Begitu turun hujan, kanopi tersebut ditarik keluar secara manual menggunakan rel. Kanopi tersebut melindungi pengunjung Galabo yang ada di sepanjang aspal sampai dengan rel (KA) Jaladara,” ujar Konsultan Teknik DED Galabo, Baroto, yang mendampingi Bappeda.

Selain itu, dalam DED tersebut dijelaskan, Galabo juga akan dilengkapi dengan 2 parasol (payung besar) dengan tinggi 10 m yang dipasang di antara shelter. Di bawahnya dibangun panggung sehingga dapat digunakan untuk acara promo. Untuk parasol baru akan dipasang pada tahun 2013 karena tidak disetujui Komisi III di tahun ini (2012) akibat terbatasnya anggaran.

Kepala Bappeda Kota Surakarta, Anung Indra Susanto mengatakan, tahun ini dengan anggaran Rp 2,2 miliar akan diselesaikan 37 shelter pedagang dari total 57 pedagang.  “Sisanya sekitar 20 shelter akan dibangun melalui pengajuan dalam APBD Perubahan mendatang, sehingga November 2012 semua shelter baru sudah bisa dioperasikan,” ujar Anung.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge