0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rata-rata Setiap Tahun

Orang Indonesia Hanya Minum 20 Tetes Susu

Seminar Hari Susu Nusantara dengan tajuk "Minum Susu Segar Tubuh Bugar Otak Pintar" yang digelar di Aula Pertanian UNS, Selasa (19/6) (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Susu sapi sebagai bahan minuman yang sempurna, karena di dalamnya mengandung zat gizi dalam perbandingan yang optimal, mudah dicerna dan tidak ada sisa yang terbuang. Harga susu lebih murah dari pada bahan makanan lainnya dengan nilai gizi yang sama. Air susu sebagai salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan.

Sayangnya, sejauh ini, susu belum dimanfaatkan secara optimal di Indonesia. Dosen Peternakan Fakultas Pertanian UNS, Ahmad Pramono dalam Seminar Hari Susu Nusantara dengan tajuk “Minum Susu Segar Tubuh Bugar Otak Pintar” yang digelar di Aula F-Pertanian UNS, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Selasa (19/6) mengungkapkan, “Kalau di Indonesia 11 kg per kapita per tahun (susu segar) hanya 20 tetes per orang, maka beda dengan Malaysia dan Vietnam di mana setiap orang rata-rata setiap tahun minum susu  di atas 20 liter.”

Menurut Ahmad Pramono, minum 20 tetes susu setiap tahun tersebut belum mencukupi sekali. Apa yang dilakukan pemerintah tentu tidak hanya kampanye susu saja. “Misal saja, setiap SD tiap 1 minggu sekali minum susu,” jelasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge