0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dies Natalis, Unisri Gelar Wayang Orang

Petruk Mbambung, Limbuk Wuyung, Nanggap Lady Gaga

Personel Teater Canthing Unisri yang akan ikut pentas wayang orang gabungan. Tengan, Ratna Susanti yang akan mendapat peran Lady Gaga. (dok.timlo.net/niza novita)

Solo —  Dalam rangka memperingati Dies Natalis Catur Windhu (32) Unisri ke-32, sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Unisri nguri-uri budaya Jawa yang adiluhung, akan  digelar pentas wayang orang gabungan. Pentas  wayang orang tersebut bakal digelar Jumat (22/6) malam, di Gedung Wayang Orang (WO).

Dalam jumpa pers di Kampus Unisri, Selasa (19/6), Kepala Humas Unisri,  Suharno, menjelaskan, pementasan wayang orang gabungan tersebut merupakan pentas kedua. “Pentas pertama pada Dies Natalis ke-30 tahun 2010 mengangkat lakon Ontran-ontran Dewi Manohara. Sedangkan pentas kali ini mengambil lakon yang sesuai dengan bangsa Indonesia yang mengalami krisis kepemimpinan yaitu Petruk Mbambung, Limbuk Wuyung, Nanggap Lady Gaga,” ujarnya.

“Pentas wayang orang nanti melibatkan pemain dari mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni, di antaranya YF Sukasno SH (Ketua DPRD Kota Surakarta), Dra Jamilah MM (Kepala UPTD Terminal Surakarta), Saino Harso Madyono SH (Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi), Drs  Sutantyo MM (Sekretaris Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi), Gusti Dipo Kusuma (Ketua Prodi Hubungan Internasional Unisri), Djoko Pramono SSos MSi (Dekan Fisip Unisri), dan Teater Canthing Unisri,” tambahnya.

Dijelaskan, alasan Unisri menggelar wayang orang gabungan tersebut karena masyarakat Indonesia sudah kehilangan nilai-nilai nilai-nilai luhur Pancasila.  Alasan lain, karena wayang orang sudah ditinggalkan penonto. “Nah, kami ingin membangkitkan kembali agar generasi muda mau melihat wayang orang ini,” ujar Suharno yang juga penulis cerita lakon “Petruk Mbambung, Limbuk Wuyung, Nanggap Lady Gaga”.

Menurutnya, 2 tahun lalu wayang orang yang melihat sampai membludak, tapi saat ini malah ditinggalkan, padahal pemainnya masih muda-muda. “Nantinya, kursi penonton yang kami persiapkan sekitar 750 hingga 1.000a. Total pemain nantinya 100 orang. Tamu undangan dan pemain pakai baju Jawa, menyamakan Pemkot,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge