0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Festival Kreativitas, Siswa SD Bikin Patung Monas

Novita Wahyu Prihatin, Siswi Kelas IV SD Tambak Boyo 3 Tawangsari Saat Membuat Rumah-rumahan Dari Bahan Pelepah Pisang, di Ajang Festival Kreatifitas Siswa Yang Digelar Sekolahnya (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo – Dalam mengisi masa jeda setelah ujian, SDN Tambak Boyo 3, Tawangsari, Sukoharjo menggelar kegiatan festival kreativitas siswa di sekolah, Selasa (19/6). Festival kreativitas tersebut diikuti seluruh siswa serta mengundang sejumlah TK dan PAUD di wilayah Desa Tambakboyo.

Tri Hastuti, Kepala SDN Tambak Boyo 3 Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo mengatakan, festival kreativitas siswa digelar untuk mengisi masa jeda setelah ujian. Sehingga para siswa dapat melakukan kegiatan positif mengembangkan kreativitasnya. Dalam festival di antaranya digelar pameran hasil kerajinan siswa, pembuatan kerajinan dengan bahan koran bekas dan pelepah pisang.

“Ada beberapa kegiatan, di antaranya pembuatan langsung kerajinan dengan bahan koran bekas dan pelepah pisang. Ada juga pameran hasil kerajinan anak-anak. Dan kita undang anak TK serta PAUD untuk mengikuti agar terobsesi membuat keterampilan. Selain itu juga kita gelar lomba mewarnai dan lomba menghafal doa,” ujarnya.

Ditambahkan, siswa SDN Tambak Boyo 3 sudah sangat terampil membuat kerajinan dengan bahan koran bekas dan pelepah pisang. Tangan-tangan para siswa sudah mulai terampil merajut bahan menjadi benda bernilai. Hal itu tidak terlepas dari peran pembimbing yang memberikan pelajaran ekstrakurikuler di sekolah seminggu sekali.

“Kegiatan ekstra membuat kerajinan ini sudah berjalan sejak tahun 2009. Tangan mereka sudah mulai terampil. Sekarang saja mereka mulai mencari inspirasi sendiri. Awalnya saya terinspirasi dari puisi WS Rendra dimana didalamnya mengandung makna, bahwa belajar dengan buku saja akhirnya tidak akan tahu apa-apa. Siswa dituntut belajar langsung dengan dunia luar. Sehingga saya mencari pembimbing untuk mengajar ketrampilan ini,” tambahnya.

Berbagai kerajinan yang dibuat siswa diantaranya,  pakaian dari bahan kertas koran bekas, serta benda-benda hiasan dari koran bekas seperti vas bunga, patung monas, tower, gantungan kunci, kapal, mobil, topi, dll. Sedangkan dari bahan pelepah pisang sebagian besar merupakan lukisan timbul.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge