0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Pengangkatan Dirut PDAM Sukoharjo Di-PTUN-kan

Rustanto Praktisi Hukum Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Rusanto, seorang praktisi hukum di Sukoharjo melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Semarang terkait pengangkatan Slamet Sanyoto sebagai Direktur Utama (Dirut) PDAM Sukoharjo.

Pihaknya menuntut Surat Keputusan (SK) direktur PDAM dibatalkan dan mengajukan uji materiil atas dasar hukum Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya melantik Slamet Sanyoto sebagai Dirut PDAM Sukoharjo.

“Kita sudah daftarkan gugatan ke PTUN terkait pengangkatan Slamet Sanyoto sebagai Dirut PDAM oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dengan nomor 0497. Gugatan kami layangkan Senin 18 Juni,” ujarnya, Selasa (19/6).

Dijelaskan, sebelum malayangkan gugatan ke PTUN Semarang, pihaknya mengikuti perkembangan kasus tersebut. Mulai dari peringatan yang disampaikan DPRD sampai rekomendasi DPRD tentang pencabutan SK Slamet Sanyoto sebagai Dirut PDAM Sukoharjo yang tidak diindahkan.

Menurutnya, pengangkatan Dirut PDAM tersebut jelas menyalahi aturan. Dalam Perda 20 tahun 2007 dan Permendagri 2 tahun 2007 jelas disebutkan bahwa untuk menduduki jabatan Dirut PDAM harus memenuhi 6 syrat. Di antaranya, pendidikan S1, diusulkan Dewan Pengawas, usia maksimal 55 tahun, mempunyai sertifikasi manajemen pengelolaan air, masa jabatan minimal 10 tahun dan lolos fit & proper test.

“Kami prihatin dengan peristiwa ini. Jelas dalam pengangkatan Slamet Sanyoto sebagai Dirut PDAM hanya memenuhi 2 syarat dari 6 yang disyaratkan. Saya akan mengawal sampai permasalahan ini selesai,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge