0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Larangan Nambang di Kali Apu Tanpa Koordinasi Pemkab

Penambangan di kali Apu, Boyolali. (Dok.Timlo.net/ byll)

Boyolali — Pembatasan areal penambangan di Kali Apu yang dilakukan pelaksana proyek pengerukan Kali Apu ternyata tanpa sepengetahuan Pemkab Boyolali. Meski Kali Apu bukan kewenangan Pemkab Boyolali, namun karena berada di Boyolali, mestinya pihak pengelola melakukan koordinasi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Boyolali Agus Purmanto. Ia mengaku sejauh ini pemkab belum pernah diajak koordinasi terkait pembatasan lokasi penambangan di Kali Apu. Pihaknya sangat menyayangkan hal itu.

Kali Apu memang bukan kewenangan kita, tapi wilayahnya ada di Boyolali, mestinya koordinasi,apalagi ini berhubungan dengan penghidupan warga di Lereng Merapi,” ungkap Agus Purmanto, Senin (18/6).

Dijelaskan Wabup, sesuai dengan UUD’45, dimana kekayaan alam bisa digunakan untuk masyarakat banyak, mestinya pembatasan tersebut tidak ada. ”Coba nanti kita cari informasi ke pihak pelaksana proyek, maksudnya apa dengan pembatasan itu,” imbuh Wabup.

Akibat pembatasan areal penambangan di Kali Apu, pendapatan penambang manual yang kebanyakan warga Lereng Merapi menjadi turun. Selain menanam sayur-sayuran, menambang pasir dan batu di sungai berhulu di Gunung Merapi, seperti Kali Apu, merupakan sumber penghasilan kedua mereka. (byl)

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge