0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UPTD Syaratkan Uang Jaminan SIEM di Balekambang

Jumpa pers rencana penyelenggaraan SIEM 2012 di Taman Balekambang, Rabu (6/6). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Pro kontra pelaksanaan Solo International Ethnic and Contemporary Musik (SIEM)  2012 membuat Pengelola Taman Balekambang melakukan langkah antisipatif. Pengelola Taman Balekambang mensyaratkan adanya uang jaminan bagi panitia pelaksana SIEM. Uang jaminan tersebut sebagai jaminan jika nantinya penyelenggaraan SIEM di Balekambang mengakibatkan kerusakan.

Saat ini, UPTD Kawasan Wisata selaku pengelola telah mengajukan syarat adanya uang jaminan tersebut. Pasca gelaran SIEM, UPTD akan melihat sejauh mana kerusakan yang ada.

“Sudah kita minta adanya uang jaminan. Uang jaminan itu sebagai antisipasi jika setelah berlangsungnya SIEM terdapat kerusakan di Balekambang,” ujar Kepala UPTD Kawasan Wisata, Endang Sri Murniyati saat ditemui Timlo.net, Senin (18/6) di Taman Balekambang.

Meskipun pihak panitia pelaksana sudah membuat kesepakatan tertulis, Endang tidak ingin kecolongan. Menurutnya, jangan sampai seakan-akan panitia pelaksana  berpesta kemudian UPTD yang cuci piring. Jika tidak ada uang jaminan bisa saja, setelah event selesai, pihak panitia pelaksana pergi begitu saja. Tentunya hal tersebut harus diantisipasi. Terkait besarannya juga masih dalam pembicaraan.

Endang menegaskan, sebelum SIEM berlangsung, panitia pelaksana sudah harus membayar. Jika nantinya setelah event tidak ada kerusakan maka uang tersebut akan dikembalikan 100 % ” Misalnya nanti uang jaminannya Rp10 juta, kemudian kita hitung kerusakannya Rp 5 juta, maka yang Rp 5 juta akan kita kembalikan,” papar Endang.

Selain uang jaminan, panitia pelaksana juga wajib membayar uang sewa tempat kepada UPTD Kawasan Wisata. “Besarannya uang sewa tersebut sudah ada dalam ketentuan Perda No. 9/2011 tentang  Retribusi Daerah,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge