0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nunggu Siap, Uji Emisi Esemka Dijadwal Ulang

mobil Esemka (timlo.net - dhefi)

Solo — Menjelang uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Tangerang, Mobil Esemka terus berbenah. Pembenahan terhadap body mobil terus dilakukan seiring dengan perkembangan positif saat pra-uji beberapa hari lalu di BTMP.

Seperti dikatakan Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, sejak terakhir dilakukan pra-uji terhadap Esemka, pihaknya terus melakukan pembenahan. “Dari data-datanya sudah bagus. CO sudah bagus, sudah berada di bawah ambang batas yang ditetapkan. Tinggal menurunkan kadar HC+NOX saja,” katanya kepada wartawan, Senin (18/6).

Ia menuturkan, dari hasil pra-uji menunjukkan angka yang memuaskan. Hanya saja, masih ada beberapa catatan-catatan kecil dari BTMP. Yakni, berat Esemka harus diturunkan lagi agar hasilnya bisa maksimal. Selain itu, HC+NOX masih perlu diturunkan lagi sampai ke titik yang lebih aman lagi.

Terakhir kali saat menjalani pra-uji, berat kosong Esemka masih mencapai 1,7 ton. “Padahal idealnya untuk berat mobil sejenis harus dibawah 1600 kg. Artinya berat Esemka masih harus diturunkan minimal 200 kg,” tambah Gampang.

Untuk mencapai berat yang diinginkan, ada beberapa solusi yang bisa ditempuh. Yakni, dengan mengurangi lagi berat mobil dengan masih mempertahankan bodi mobil yang ada sekarang ini. Opsi kedua, dengan memasang karoseri baru dengan berat bodi yang lebih ringan. “Namun kami mencoba dengan opsi yang pertama dulu, dengan memangkas beberapa bagian bodi. Seperti bemper, yang kemarin terbuat dari logam, akan kita ganti dengan bahan fiber,” terangnya.

Untuk jadwal uji emisi sendiri, pihaknya masih perlu melakukan penjadwalan ulang dengan mengajukan lagi permohonan jadwal uji emisi pada BTMP. Sedianya, tanggal 15 Juni lalu Esemka menjalani uji emisi. Namun, karena dirasa belum siap, uji emisi diundur lagi dengan penjadwalan ulang. “Ya harus antri lagi,” ungkapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge