0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

3 Hotel Baru Siap Beroperasi

Persaingan Hotel di Solo Makin Sengit

FAVEHOTEL-Favehotel Adisucipto Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Persaingan bisnis perhotelan di Kota Solo pada 2012 ini dipastikan bakal semakin sengit. Mengingat dalam waktu dekat, setidaknya ada tiga hotel anyar berstatus bintang yang siap meramaikan industri perhotelan Kota Bengawan.

Selain Favehotel Solo Baru yang akan beroperasi pada Rabu (20/6) lusa, Amarelo Hotel dan Post In Hotel pada pertengahan tahun ini juga akan mulai membuka layanannya di Kota Solo. Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Abdullah Soewarno, menilai maraknya operasional hotel anyar di Kota Solo ini cenderung berpotensi memunculkan persaingan yang semakin kompetitif.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi perebutan pasar antara hotel kelas menengah dengan hotel kelas bawah. “Hotel bintang dua dan bintang tiga bisa jadi akan berebut pasar dengan hotel di bawahnya,” ujarnya, saat ditemui wartawan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Senin (18/5).

Kondisi demikian, menurutnya sangat mungkin terjadi manakala hotel-hotel kelas menengah memberikan layanan berstandar hotel kelas atas, namun dengan banderol harga kelas bawah. Jika hal ini terjadi, bisa dipastikan rata-rata okupansi alias tingkat hunian hotel di Kota Bengawan tidak akan lebih dari 56 persen hingga akhir 2012 mendatang.

“Mudah-mudahan stakeholder pariwisata, terutama pemerintah kota bisa mengeluarkan inspirasinya untuk dapat menarik pengunjung yang tidak hanya wisatawan,” pungkas Abdullah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge