0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pencari Kerja di Klaten Capai 10 Ribu Orang

Sejumlah pencari kerja sedang melihat lowongan pekerjaan di papan pengumuman di Kantor Dinsosnakertrans (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten memperkirakan akan ada lonjakan pencari kerja sekirar 10 ribu orang pada tahun 2012.

“Para pencari kerja di Klaten tiap tahun bertambah. Pada tahun 2012 ini, diperkirakan akan ada tambahan sekitar 10 ribu lulusan SMA sederajat,” ujar Kepala Bidang Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans Klaten, Giyanta, Senin (18/6).

Giyanta menjelaskan, hingga bulan Mei kemarin, sudah ada sebanyak 2.318 orang yang mengajukan permohonan kartu kuning ke Dinsosnakertrans Klaten. Dari jumlah itu, 1.607  di antaranya tamatan SMA/SMK.

“Mereka telah mendaftar ke Dinsosnakertrans sejak Mei lalu. Pencari kerja yang sudah terserap di lapangan kerja sebanyak 354 orang,” ujarnya.

Giyanta menambahkan, tenaga kerja formal asal Klaten yang bekerja di luar negeri relatif sedikit atau hanya sekitar 20 orang. Kebanyakan tenaga kerja daerah ini bekerja di pasar kerja dalam negeri.

“Lapangan kerja yang masih terbuka untuk lokal sebagian besar pada perusahaan industri garmen. Namun, ada pula beberapa perusahan pada bidang lain yang juga masih membuka lapangan kerja,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge