0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meski Ganti Rugi Kurang, Warga Siap Pindah

Perumahan kumuh di tepi Kali Pepe (dok.timlo.net/dhefi)

Solo — Sebanyak 13 Kepala Keluarga (KK) Kelurahan Kedunglumbu Rt 07/I Kecamatan Pasar Kliwon menyatakan diri siap direlokasi. Meskipun, ganti rugi rumah mereka yang terletak di pinggiran Kali Pepe, tepatnya di belakang Kantor Telkom Solo terbilang kecil, hanya Rp 500 ribu saja.

Salah seorang warga di pemukiman kumuh tersebut, Legiyono (52) mengungkapkan, pada Kamis (14/6) pekan lalu semua KK yang akan direlokasi telah dikumpulkan di kantor Kelurahan Kedunglumbu, Pasar Kliwon. “Intinya kami diminta untuk pindah maksimal tanggal (1/7) nanti. Kami nurut saja,” katanya kepada wartawan ketika ditemui di bangunan semi permanen tempat tinggalnya, Senin (18/6).

Pria yang bekerja sehari-hari sebagai pemulung tersebut mengungkapkan, saat pertemuan di kelurahan, semua KK yang akan direlokasi langsung menerima uang ganti rugi. “Kalau dilihat dari nilainya, ya kurang,” tambahnya. Dari nilai ganti rugi sebesar itu, akan dipergunakannya untuk mencari tempat tinggal lain dengan sistem kontrak. Mayoritas penduduk yang berada di daerah itu rata-rata berpenghasilan tidak tetap. Mereka kebanyakan bermata pencaharian pemulung dan pengamen.

Rencananya, kawasan di sepanjang Kali Pepe akan dikosongkan. Selanjutnya, di tahun ini pula, di kawasan tersebut akan dibangun koridor pedestrian antara kawasan Pasar Gedhe sampai dengan kawasan Loji Wetan. Selain membangun koridor pedestrian di tepi Kali Pepe, juga dibangun di sisi Jalan Sudirman sampai dengan Jalan RE Martadinata.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Solo Tri Puguh Priyadi mengatakan, pihaknya siap membantu pemindahan barang warga relokasi menuju tempat tujuan. “Kami fasilitasi dengan angkutan dan tenaga,” tuturnya.

Selama ini, pihaknya telah melakukan sosialisasi sebanyak 3 kali selama kurun waktu sebulan terakhir. Diharapkan, warga akan membongkar sendiri bangunannya sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Pasca pemindahan nanti, Satpol PP akan melakukan pengawasan rutin agar tidak ada lagi yang menempati wilayah tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge