0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengelola Ganti Jual Pakan Hewan

Taman Reptil Tak Lagi Tarik Sumbangan

Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kotabarat Solo berkunjung ke Taman Reptil, Balekambang. (dok.timlo.net/niza novita)

Solo —  Setelah sempat menjadi sorotan, penarikan sumbangan sukarela di Taman Reptil Balekambang akhirnya mengalami perubahan. Saat ini, pihak pengelola taman Reptil tidak lagi menarik sumbangan sukarela tetapi mensiasatinya dengan menjual pakan hewan reptil.

Pakan tersebut dijual kepada pengunjung Taman Reptil yang berminat untuk membeli kemudian diberikan kepada hewan reptil saat berkunjung.

Kepala UPTD Kawasan Wisata, Endang Sri Murniyati, Senin (19/6) menjelaskan, hasil penjualan pakan tersebut digunakan untuk beli pakan kembali. Yang dijual antara lain pisang, kacang, pelet, wortel dan beberapa pakan reptil lainnya.

“Sambil menunggu MoU-nya, pengelola menjual pakan. Soalnya menarik sumbangan sukarela kan juga tidak dibolehkan, meskipun selama ini dimanfaatkan untuk operasional,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Sukasno, sebenarnya memahami kesulitan yang dihadapi pengelola Taman Reptil. Namun, penarikan sumbangan sukarela bagaimanapun tidak dibenarkan tidak ada dasar hukumnya. “Dengan tidak ada dasar hukumnya tentunya itu menjadi masalah,” tegasnya.

Untuk itu, DPRD mendesak Pemkot untuk segera menyelesaikan pembuatan MoU Taman Reptil. “Kan juga sudah lama, seharusnya segera diselesaikan. Dengan adanya MoU bisa menjadi dasar hukum pengelolaan Taman Reptil termasuk sharing bagi hasil kepada Pemkot,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge