0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dipindah, Rusa Balekambang Stres

Rusa penghuni Taman Balekambang bersahabat dengan pengunjung (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Kepala UPTD Kawasan Pariwisata Kota Surakarta (sebelumnya UPTD Balekambang), Endang Sri Murniyati memastikan hewan-hewan yang ada di Balekambang tidak akan dipindahkan jika benar akan jadi tempat digelarnya Solo International Ethnic Music (SIEM) 2012. Hal tersebut, menurutnya merupakan rekomendasi Badan Konsenvarsi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Surakarta.

Endang menambahkan, menurut rekomendasi BKSDA, jika hewan-hewan tersebut dipindahkan akan stres. “Memindahkan rusa tidak semudah memindahkan hewan ternak. Proses menangkapnya justru akan membuat stres binatang tersebut. Sedangkan jika dengan cara dibius jarak jauh juga tidak mudah. Hal ini karena jarum yang ditembakkan patah dan tidak mau menempel,” papar Endang kepada Timlo.net, Senin (18/6), di Balekambang.

Apalagi, lanjut Endang, selama ini sudah beberapa kali digelar event yang melibatkan ribuan orang, rusa-rusa tersebut sepertinya sudah terbiasa. “Bahkan kalau ada orang pakai pakaian warna hijau mereka mendekat, dikiranya kami yang biasanya memakai pakaian hijau,” tambahnya.

Di Balekambang sendiri saat ini ada 10 rusa, beberapa kalkun, merpati dan juga kera. Sebelumnya sejumlah pihak menyarankan hewan-hewan tersebut dipindah karena kemungkinan stres sebagai akibat gelaran SIEM di Balekambang.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge