0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pro-Kontra SIEM, Ketua DPRD Sidak ke Balekambang

Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Sukasno saat inspeksi mendadak di Taman Balekambang (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pro kontra penyelenggaraan Solo International Ethnic Music (SIEM) di Taman Balekambang, membuat Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Soekasno turun ke lapangan. Senin (18/6), Ketua Dewan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Balekambang.

Dalam Sidak tersebut, YF Sukasno meninjau area yang rencananya akan digunakan untuk pelaksanaan SIEM. Sukasno ditemui Kepala UPTD Kawasan Wisata, Endang Sri Murniyati dengan ditemani beberapa stafnya.

Dalam perbincangannya kepada Ketua Dewan, Endang menuturkan berdasarkan rapat dengan pihak EO terakhir, panggung untuk SIEM akan dibuat di sisi barat menghadap ke timur di depan kolam. Oleh EO rencananya di depan panggung akan dibuat deretan kursi bambu bagi penonton. “Setiap kursi akan menampung 12 orang. Dengan perkiraan pengunjung 6.000 – 7.000 orang, maka akan dibuat 600 kursi bambu. Demikian penuturan EO kepada kami,” ujar Endang kepada Sukasno.

Tak hanya itu, EO juga akan membuat barikade dari bibit-bibit tanaman di sisi utara dan timur. “Penataanya menggunakan ahli arsitektur yang disediakan oleh EO. Kami hanya sebagai yang berketempatan, untuk urusan teknis dan penyelenggaraan sepenuhnya oleh EO,” tambahnya.

Ketua DPRD YF Sukasno mengatakan Sidak yang dilakukannya ini terkait sejumlah masukan dari seniman, budayawan dan aktivitas lingkungan yang berkeberatan dengan penyelenggeraan SIEM di Balekambang. Untuk itu, Sukasno meminta Pemkot untuk mengundang pihak-pihak yang berkeberatan untuk dilakukan penjelasan terkait penyelenggaraan SIEM di Balekambang.

“Seniman, budayawan yang berkeberatan diundang saja. Masih ada waktu untuk melakukan penjelasan. Mengingat dari penuturan Ibu Endang, sejumlah event besar sudah pernah digelar di Balekambang antaralain Penyerahan DIPA, Hari Anak Nasional, Sukarelawan PMI yang diikuti 10.000 orang dan beberapa event lainnya,” pungkas Sukasno.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge