0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tedjowulan Belum Tinggal di Dalam Keraton

KGPH Panembahan Agung Tedjowulan masuk keraton untuk menghadiri Jumenengan PB XIII Hangabehi, Jumat (15/6). (Dok.Timlo.net/ Dhefi Nugroho)

Solo —  Meskipun sudah masuk ke dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat Jumenengan, Panembahan Agung Tedjowulan masih belum tinggal di lingkungan keraton. Tedjowulan masih menempati kediamannya di Badran. Tedjowulan juga belum menentukan kapan akan mulai tinggal di dalam keraton.

Juru Bicara Dwitunggal Hangabehi-Tedjowulan, KRT Bambang Pradotonagoro mengatakan, proses Jumenengan kemarin (15/6) dengan masuknya Tedjowulan ke dalam keraton baru merupakan awal (start) dari rekonsiliasi sendiri. “Rekonsiliasi tidak berhenti pada Jumenengan kemarin. Paska Jumenengan masih ada langkah-langkah yang dilakukan harus dengan kesabaran dan keterbukaan. Prosesnya panjang, tidak bisa dalam hitungan detik atau jam,” papar KRT Bambang Pradotonagoro.

Rekonsiliasi, tambah KRT Bambang, akan dilanjutkan dengan proses unifikasi (penyatuan) di antara kerabat keraton. Menurut Bambang, proses unifikasi ini merupakan proses yang berat, karena tidak hanya melibatkan para pengageng tetapi juga para pendherek yang jumlahnya ribuan.

“Unifikasi inilah yang tidak mudah, karena melibatkan para pendherek kedua pihak,” tambah Bambang saat ditemui Timlo.net, Minggu (17/6) di Keraton Surakarta.

Saat ditanya langkah ke depan terdekat, KRT Bambang mengaku, dalam waktu dekat ini, Tedjowulan akan mengumpulkan seluruh putra putri Dalem Sinuhun dan Putra-putri Trah Pakubuwono di Keraton Surakarta guna menyatukan persepsi. Meskipun demikian jika belum memungkinkan di dalam keraton juga tidak masalah. “Yang utama bukan dimana tempat pertemuan, tetapi isi pertemuan itu yang lebih penting,” tuturnya.

Ditemui terpisah, salah seorang kerabat Kusumawandowo, KP Satriyo Hadinagoro membenarkan bahwa Tedjowulan belum tinggal di dalam keraton. Saat ditanya kapan Tedjowulan akan tinggal di keraton, Satriyo enggan menjawabnya. “Bicaranya ndak usah masalah itu, yang landai-landai saja,” pungkasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge