0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dipakai Kirab Jumenengan PB XIII

Kyai Garuda Putro, Kereta Kencana Istimewa

Kereta Kencana Kyai Gorodopoetro yang dipergunakan PB XIII Hangabehi saat Kirab Jumenengan (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Kirab Ageng Jumenengan Dalem, Minggu (17/6) siang menjadi kirab yang spesial bagi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Solo. Kereta Kencana yang dinaiki Sinuhun Pakubuwono (PB) XIII Hnagabehi juga bukan kereta sembarangan.

Kereta tersebut tampak mewah dengan dominasi cat warna merah tua dan kuning pada bagian interiornya. Warna kuning emas tersebut juga tampak mencolok pada 4 rodanya serta beberapa ornamen yang menghiasi kereta tersebut. Di 2 sisi pintunya terpampang lambang keraton. Begitu pula di bagian atasnya terdapat hiasan mahkota kecil dengan warna merah tua. Sementara di bagian depan sisi kanan dan kiri terdapat semacam lampu penerang tempo dulu.

Salah seorang Pengageng Keraton, KP Satriyo Hadinagoro mengatakan, Kereta Kencana yang bernama Kyai Garuda Putro tersebut dibuat sekitar tahun 1880 atau abad ke-19. Kereta tersebut dipesan pada masa PB IX langsung dari Belanda. Namun kereta tersebut baru jadi dan didatangkan ke keraton pada masa PB X.

“Kereta tersebut digunakan hanya untuk menjemput tamu-tamu penting pada masa dahulu.  Kereta ini sudah lama sekali tidak digunakan,” ujar KP Satriyo Hadinagoro saat ditemui Timlo.net, sesaat sebelum kirab.

Kereta Kencana tersebut juga merupakan salah satu kereta istimewa dari 15 Kereta Kencana yang dimiliki keraton saat ini. Saat Kirab Ageng Dalem kemarin, Kereta Garodopoetro tersebut ditarik oleh 4 kuda dengan kusir yang berpakaian biru putih ala prajurit Belanda. “Biasanya dulu ditarik 7 kuda, namun karena terbatasnya kuda, kali ini hanya ditarik 4 kuda,” tambah Satriyo.

Sebelum dipakai untuk kirab, kereta tersebut dibersihkan dan dicuci dibagian tertentu oleh salah seorang abdi dalem, mengingat sudah lama tidak digunakan. Dalam kirab kemarin, Kereta Kencana Kyai Garuda Putra dinaiki Sinuhun Hangabeh, Permaisuri Kanjeng Ratu Pakoebuwono dan Putra Mahkota GKR Purboyo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge