0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pasca Rekonsiliasi, Hangabehi-Tedjowulan Dikirab

PB XIII Hangabehi dikirab di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo —  Kirab Ageng Keraton Kasunanan Surakarta, Minggu (17/6) siang berlangsung meriah. Bahkan, sejak pukul 13.30 WIB, masyarakat sudah memenuhi lingkungan keraton. Kirab ini menjadi istimewa karena diikuti Dwitunggal Pakubuwono (PB) XIII Sinuhun Hangabehi dan Patih Tedjowulan, setelah melakukan rekonsiliasi baru-baru ini.

Prosesi kirab sendiri dimulai dari Bangsal Sithinggil. Sebelum kirab dimulai, karpet merah dihamparkan dari kori kamandungan sampai ke Sithinggil. Sinuhun dan para pendherek berangkat dengan berjalan kaki  dari Kori Kamandungan menuju Sithinggil melalui karpet merah yang telah dihamparkan Di depannya iring-iringan prajurit keraton. Prajurit keraton tersebut dari berbagai kesatuan lengkap dengan panji-panji keraton.

Tampak pula petugas kepolisian, Linmas danbeberapa anggota TNI berjaga mengamankan jalannya kirab. Tak hanya itu, puluhan abdi dalem dan petugas keamanan juga menjadi pagar betis di sepanjang karpet merah antara Kori Kamandungan dan Sithinggil yang dilalui Sinuhun.

Sekitar pukul 14.30 WIB, Sinuhun PB XIII keluar dari Kori Kamandungan dengan segenap pendherek dan abdi dalem  yang jumlah ratusan. Seluruh pendherek tersebut mengenakan pakaian jawa.

Dalam kirab, Sinuhun Hangabehi bersama Sang Permaissuri serta Putra Mahkota GPH Purboyo menaiki kereta Kyai Garoda Putro dari Sithinggil.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge