0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

17 Agustus, Mobdin Pejabat Pemkot Ganti Esemka

Mobil Esemka saat menjalani uji emisi (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Mobil Esemka siap menjadi mobil dinas (Mobdin) Pemkot Solo mulai Agustus mendatang. Rencananya, deklarasi pemakaian Esemka sebagai Mobdin akan dilakukan tepat pada tanggal 17 Agustus.

Wakil Walikota (Wawali) Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pada tahap awal, Esemka akan digunakan sebagai Mobdin Walikota, Wawali dan Sekretaris Daerah (Sekda). “Yang penting tiga (orang) itu dulu,” katanya kepada wartawan, Sabtu (16/6).

Keyakinan Wawali bahwa produksi massal Esemka bisa segera dilakukan berdasarkan hasil pre-uji emisi yang dilakukan terhadap Esemka di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Tangerang. Pre-uji dilakukan, Jumat (15/6) kemarin dengan hasil yang cukup memuaskan.

“Dengan kondisi berat body Esemka seperti itu saja nilai HC+NOX yang dihasilkan kurang dari 0,7 gram per kilometer jarak tempuh. Apalagi kalau sudah dilakukan press body terhadap Esemka, tentu hasilnya akan lebih baik,” terang Rudy, sapaan Wawali.

Seperti diketahui, body Esemka saat ini sekitar 2,4 ton. Padahal, berat body mobil-mobil sejenis hanya 1,2 ton. Artinya, Esemka kelebihan berat sekitar 1,2 ton.

Rudy mengaku, press body untuk mobil Esemka sudah disiapkan. “Sudah jadi, tinggal dipasang,” tambahnya. Dirinya optimis, jika body mobil sudah diganti nanti, emisi buang yang dihasilkan bisa lebih ditekan lagi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge