0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishub Gelar Uji Emisi Plat Merah dan Plat Hitam

Petugas sedang menguji emisi kendaraan pribadi (timlo.net - dhefi)

Solo – Sejumlah mobil pribadi dan mobil dinas (Mobdin) menjalani uji emisi kendaraan bermotor, Sabtu (16/6). Uji emisi dilakukan di Jalan Slamet Riyadi, tepatnya di kawasan Bundaran Gladak oleh petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika.

Dimulai sejak pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, kendaraan plat hitam dan plat merah diberhentikan oleh petugas. Satu persatu kendaraan masuk ke dalam sebuah tenda khusus yang disediakan oleh petugas. Disana, telah tersedia peralatan untuk menguji kadar gas buang kendaraan yang dihasilkan.

Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat mengatakan, selama tahun ini pihaknya telah melakukan uji emisi serupa selama 3 kali. “Uji emisi kali ini dalam rangkaian Hari Jadi Pemkot Solo yang ke-66,” katanya kepada wartawan.

Dirinya mengakui, saat ini peningkatan jumlah kendaraan pribadi lebih besar daripada peningkatan jumlah kendaraan umum. Padahal, selama ini uji emisi biasanya diberlakukan bagi kendaraan umum dan angkutan barang. “Kendaraan pribadi seakan-akan tidak terpantau,” tambahnya.

Hasil dari uji emisi ini, menurutnya, akan menjadi bahan masukan pada pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Ke depan, harapannya uji emisi wajib dilaksanakan. Nanti, diupayakan adanya peraturan atau dasar hukumnya, sehingga bagi pelanggar bisa dikenai sanksi,” terangnya. Dalam uji ini, tiap kendaraan yang selesai diuji akan ditempeli stiker sebagai tanda sudah mengikuti uji emisi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge