0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Klaten Gagas Lomba Desain Lurik Batik PNS

Penyuluhan UMKM di Pendopo Pemkab Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana menggelar lomba desain lurik batik untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan siswa sekolah. Pemenang lomba ini akan diumumkan pada Hari Jadi Klaten 28 Juli mendatang.

“Besuk Senin (18/6) baru akan dirapatkan bersama seluruh panitia lomba. Rencananya lomba lurik batik ini diperuntukkan untuk masyarakat umum di Klaten,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Klaten, Sugiharjo Sapto Aji dalam acara penyuluhan pelaku UMKM di Pendopo Pemkab Klaten, Sabtu (16/6).

Sapto Aji menjelaskan, dari jumlah peserta lomba itu nantinya akan menjaring tiga pemenang. Untuk juara pertama mendapatkan uang Rp 10 juta, juara kedua Rp 7,5 juta, dan juara ketiga Rp 5 juta. Selain itu juga akan mendapatkan tropi piala Bupati Klaten.

“Lomba ini digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Klaten ke-208. Pengumuman kejuaraan akan diumumkan pada 28 Juli 2012 mendatang pas peringatan Hari Jadi Klaten,” ujar Sapto Aji.

Sapto Aji menambahkan, untuk desain pemenang lomba nantinya juga akan dipatenkan dan dijadikan desain seragam harian PNS dan siswa sekolah di Klaten. Selain itu bagi pelaku UMKM diperbolehkan membuat dan menjual desain tersebut.

Sementara itu, dalam acara penyuluhan yang digelar Jejak Amukti Production bersama Kanwil Dirjen Pajak Jateng II Surakarta, Kadin dan Disperindagkop dan UMKM Klaten itu dihadiri 200 kelompok pelaku UMKM di wilayah Klaten. Diantaranya para pengrajin dari Bayat, Cawas, Pedan, Trucuk, Juwiring, Karangdowo, Ceper, Delanggu, Polanharjo dan Gantiwarno.

Dalam kesempatan itu Sapto Aji juga menyampaikan materi mengenai kebijakan publik dalam pengembangan UMKM. Sementara narasumber lain diantaranya Wening Swasono dari FKISP dan Forum PEL Klaten, Mahir Ismail dari Enterpreneur University dan Aziz Waskito dari FEDEP dan Yayasan CNB.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge