0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Bersholawat

Tarian Sufi dan Bola Api Meriahkan Parade Hadrah

Jumpa pers rencana Parade Hadrah Solo Bersholawat (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sekitar 200 kelompok kesenian hadrah dari wilayah Solo dan sekitarnya akan tampil dalam Parade Hadrah Solo Bersholawat yang digelar untuk memperingati Isra’ Mi’raj, Minggu (17/6). Rencananya peserta akan mulai berjalan pukul 08.00 WIB dimulai dari Lapangan Kotabarat melalui sepanjang Jl Slamet Riyadi sampai Balaikota Solo.

Menurut keterangan panitia dalam jumpa pers Jumat (15/6), diperkirakan 6000 orang lebih akan mengikuti parade ini dengan jumlah personel masing-masing kelompok berkisar antara 20-500 orang. “Tahun ini merupakan kali keempat kami menggelar parade hadrah, yang digelar setiap Isra’ Mi’raj. Tujuan kami adalah menggemakan lagi kesenian hadrah ini,” jelas Ketua Umum Panitia Penyelenggara, Samachin  di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo.

Samachin mengungkapkan, Parade Hadrah Solo Bersholawat ini nantinya akan diberangkatkan oleh Walikota Solo, Joko Widodo. Setelah itu, peserta berjalan kaki melewati kawasan  Car Free Day (CFD) di Jl Slamet Riyadi hingga halaman balaikota.

Parade Hadrah Solo Bersholawat juga dimeriahkan dengan atraksi yang dipusatkan di Plasa Sriwedari. Disana nantinya akan ditampilkan tarian sufi, permainan bola api, menarik mobil dengan gigi dan unjuk kanuragan.

Kepala Disbudpar Surakarta, Widdi Srihanto, yang juga mendampingi panitia dalam konferensi pers itu mengatakan, acara tersebut sangat di dukung oleh pemerintah kota dengan harapan bisa menambah khasanah seni budaya yang bisa nantinya berkembang sebagai ikon dan daya tarik wisata Solo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge