0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air Sumur Warga Lereng Merapi Tercemar

Air sumur milik warga Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo, Klaten kini kondisinya tercemar. Warga terpaksa mengangsu ke desa tetangga untuk mendapatkan air jernih (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Warga lereng Gunung Merapi di Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten mengeluhkan kondisi air sumur mereka yang tercemar sejak enam tahun terakhir. Akibatnya warga tidak bisa lagi menggunakan air sumur mereka untuk kebutuhan sehari-hari.

“Tercemarnya air sumur ini terjadi semenjak adanya gempa bumi 2006 silam. Sejak itu, kondisi airnya tidak bersih dan berwarna kuning kecoklatan,” ujar Hermawan Hadi Saputro (47) warga Dukuh Warurangkang RW VI, Desa Sapen saat ditemui wartawan di rumahnya, Jumat (15/6).

Menurut Hermawan, belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya pencemaran air sumur tersebut. Hanya saja kejadian itu semenjak adanya gempa bumi 2006 silam.

“Memang sempat berangsur jernih saat Gunung Merapi meletus. Namun itu tidak berlangsung lama. Hanya beberapa bulan saja air kembali menguning hingga saat ini,” ungkap Hermawan.

Ia menjelaskan, hampir semua sumur milik warga di RW VI Dukuh Warurangkang airnya tidak jernih. Dari 100-an sumur yang ada di dukuh tersebut hanya 10 sumur saja yang airnya masih bersih.

Akibat tercemarnya air sumur itu, kini warga terpaksa mengambil air yang lebih jernih di desa tetangga untuk kebutuhan sehari-hari. Namun ada beberapa warga lainnya yang membeli air mineral dalam galon.

“Saya terpaksa mengangsu ke desa tetangga untuk mencari air jernih. Sedangkan untuk kebutuhan rumah tangga saya memilih membeli air mineral dalam galon. Sebab, air sumur yang ada tidak bisa bersih meski sudah diendapkan,” ujar Astuti (49) warga Dukuh Warurangkang, Desa Sapen.

Atas kondisi ini, warga berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk pengadaan air bersih. Hal ini mengingat warga sudah tidak berani lagi untuk mengkonsumsi air sumur yang ada.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge