0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DP Ketat, Pasar Properti Tetap Mengkilap

MAKET RUMAH-Maket rumah yang dipajang dalam pameran properti di Solo Grand Mall beberapa waktu lalu (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memperketat down payment (DP) alias uang muka kredit minimal sebesar 30 persen bagi kepemilikan rumah tipe 70 ke atas, diyakini pengembang tidak akan berpengaruh signifikan pada pasar properti Solo. Bisnis properti dipastikan akan tetap mengkilap, mengingat kebijakan itu cenderung menyasar segmen menengah ke atas yang secara finansial lebih siap.

Sebagaimana dikatakan Ketua Real Estate Indonesia (REI) Solo, Yulianto W Kusuma, ketentuan DP minimal 30 persen tidak akan berpengaruh signifikan pada penjualan rumah tipe 70 ke atas. Pasalnya, sejauh ini rumah tipe tersebut lebih banyak diburu kalangan kelas menengah ke atas.

“DP 30 persen saya pikir tidak akan berpengaruh signifikan pada sektor properti. Sebab rumah tipe 70 ke atas ini segmennya masyarakat menengah ke atas, tentunya dalam hal pembayaran mereka lebih siap,” ujarnya, saat ditemui di Best Western Premier Hotel Solo, baru-baru ini.

Adapun sebelum pemberlakuan DP minimal 30 persen, pengembang menerapkan DP minimal 20 persen bagi rumah tipe 70 ke atas. Sementara dengan naiknya DP sebesar sepuluh persen ini, Yulianto optimistis tidak akan berpengaruh signifikan pada permintaan konsumen kelas menengah ke atas.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge