0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aksi Pengrusakan Makam Gegerkan Warga Klaten

Sejumlah maejan kijing di makam Dukuh Bangilan, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan dirusak oknum tak bertanggungjawab (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten —  Warga Dukuh Bangilan, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (15/6), digegerkan atas temuan rusaknya kijing makam desa setempat. Selain dirusak, kijing-kijing itu juga dibongkar.

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan, aksi pengrusakan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab ini diduga dilakukan pada Kamis (14/6) malam. Sebanyak 70 maejan kijing yang terbuat dari batu dirusak dan empat kijing dibongkar.

Rusaknya sejumlah makam itu kali pertama diketahui oleh orang pencari kembang di makam pada Jumat pagi pukul 05.00 WIB. “Orang pencari kembang itu langsung melaporkan ke kepala desa dan kami teruskan ke polisi,” ujar Kepala Desa Ngalas, Tri Setyo Nugroho.

Kadus II Desa Ngalas, Partono, menambahkan, aksi pengrusakan itu diduga dilakukan lebih dari satu orang. Mengingat kerusakan hampir menyeluruh pada maejan kijing yang terbuat dari batu.

“Kemungkinan kijing itu dirusak menggunakan martil. Untuk kijing dari keramik tidak dirusak. Hanya maejan kijing dari batu yang dirusak, ada sekitar 70-an. Bahkan ada juga satu kijing besar dan tiga kijing kecil dibongkar,” jelas Partono.

Camat Klaten Selatan, Sip Anwar menyayangkan aksi pengrusakan kijing tersebut. Sebab, warga kini menjadi resah. Terutama mereka para ahli waris yang memiliki leluhur di makam itu. “Kemungkinan aksi pengrusakan itu memang disengaja,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge