0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hadiri Jumenengan

Tedjowulan Berangkat dari Istana Badran

(timlo.net - dhefi)

Solo – KGPH Panembahan Agung Tedjowulan akan datang membawa 400 orang pendukungnya ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk menghadiri Jumenengan Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi, Jumat (15/6). Tedjowulan bersama rombongan akan berangkat dari kompleks Istana Badran, Kotabarat, Solo menuju keraton.

Salah satu putra PB XII, GPH Suryo Wicaksono mengatakan, pendukung Tedjowulan yang terdiri dari keluarga dan Forum Komunikasi Keraton Nusantara (FSKN) siap mengawal sampai Keraton Kasunanan untuk mengikuti prosesi Jumenengan. “Jam 07.00 WIB mulai kumpul di Sasana Badran, langsung menuju keraton bersama-sama,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (14/6) via telepon.

Sesampainya di Keraton Kasunanan, rencananya Tedjowulan akan singgah di Sasana Mulya, yakni sebuah bangunan yang letaknya di depan Sasana Putra, atau di sebelah barat bangunan induk keraton. “Setelah mendapat panggilan atau dhawuh dari Sinuhun, kami baru masuk keraton,” ungkapnya.

Saat masuk ke dalam keraton, Tedjowulan akan masuk melalui Kori Kamandungan (pintu utama), bukan pintu Kusumawandawa seperti yang diminta sebagian kerabat keraton lainnya. “Kami tetap akan masuk lewat pintu Kamandungan,” ujarnya. Lewat pintu tersebut, Tedjowulan bersama dengan rombongannya langsung menuju Sasana Sewaka, dimana prosesi Jumenengan berlangsung.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge