0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Pembobol Kontainer Bergentayangan

Solo — Kalangan pelaku usaha, khususnya eksportir belakangan harus menghadapi mimpi buruk akibat bergentayangannya sindikat pembobol kontainer. Pelaku tindak kriminal ini tega menguras sebagian produk yang akan diekspor ke sejumlah negara di kawasan Asia maupun Eropa.

Setidaknya ada tiga perusahaan berorientasi ekspor yang menurut Sekretaris Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Boyolali, Ruwiyatmo, sempat dibobol muatan kontainernya. Ketiga perusahaan tersebut, yakni PT Primayudha Mandiri Jaya, PT Bintang Asahi Textile Industry dan PT Sri Rejeki Isman Textile (Sritex).

Ia menengarai, tindak kejahatan tersebut dilakukan selama dalam perjalanan hingga pelabuhan. Aksinyapun terbilang sangat rapi terlihat dari segel kontainer yang tetap utuh, sementara isinya berkurang.

“Kalau dilihat dari kehilangannya jelas itu tidak dilakukan dengan mencongkel. Dugaan terkuat kami dari segel karena pada waktu sampai di tempat tujuan segel masih utuh,” ungkap Ruwiyatmo kepada wartawan, di kantor sekretariat Apindo Solo, Kamis (14/6).

Akibat kejadian ini PT Primayudha Mandiri Jaya setidaknya harus menanggung kerugian hingga 67.695,52 Dolar Amerika. Kasus inipun menurut Ruwiyatmo sudah dilaporkan ke aparat berwajib, namun hingga kini belum ada kejelasan.

“Perusahaan sudah melakukan pengecekan dan melaporkannya ke Poltabes Semarang, tapi belum ada tindak lanjut. Saat ini Apindo baru melakukan investigasi ke titik-titik kehilangan dan dalam waktu dekat kami akan audiensi dengan aparat Polda,” pungkas Ruwiyatmo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge