0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dipastikan Masuk Keraton Saat Jumenengan

Tedjowulan Sudah Dimaafkan

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (timlo.net - dhefi)

Solo —  Setelah melalui pembicaraan di kalangan Kusumawandawa, KGPH Panembahan Agung Tedjowulan akhirnya diijinkan masuk ke dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat Jumenengan, Jumat (15/6) besok. Surat permohonan maaf yang ditulis Tedjowulan sudah ditanggapi secara langsung oleh Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi, Kamis (14/6) siang ini.

Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Kasunanan Surakarta, KP Edy Wirabhumi mengatakan, PB XIII Hangabehi sudah menyikapi surat permohonan maaf Tedjowulan. “Sinuhun sudah paring dhawuh agar segera diselesaikan,” tuturnya pada wartawan.

Namun demikian, menurutnya sebagian pihak kerabat Kusumawandawa merasa kecewa dengan mekanisme pemberian maaf oleh PB XIII tersebut. “Ternyata sudah di-direct oleh Sinuhun,” tambahnya.

Padahal, sesuai dengan mekanisme tata keraton, menurut Edy, harus melalui beberapa tahapan. Yakni, dari Kusumawandawa surat dibawa ke Sasana Wilapa, selanjutnya diberikan kepada PB XIII. Setelah dibalas, surat tersebut disampaikan lagi ke Kusumawandawa melewati Sasana Wilapa terlebih dahulu. “Namun kali ini langsung oleh Sinuhun. Dengan berat hati kami mengambil sikap untuk menerimanya,” terangnya.

Pihak kerabat keraton sendiri saat ini sedang membahas mekanisme masuknya Tedjowulan esok pagi (Jumat pagi) ke dalam keraton. Sebelum masuk ke dalam keraton, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh Tedjowulan. “Sedang kami bicarakan, termasuk siapa saja yang akan menyambut kedatangannya besok,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge