0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IPAL RSUD Dikonsep Ramah Lingkungan

Kepala Dinsosnakertrans Solo, Sumartono Kardjo (Dok.Timlo.net)

Solo —  Sebagai upaya mengurangi pencemaran lingkungan , Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RSUD Ngipang akan dikonsep ramah lingkungan. Hal ini diungkapkan Direktur RSUD Ngipang, Sumartono Kardjo kepada Timlo.net, Kamis (14/6), di Gedung Dewan.

Melalui konsep ramah lingkungan tersebut diharapkan air limbah RSUD dapat dimanfatkan untuk sesuatu yang bermanfaat. “Kita menggunakan model semacam recycling. Air limbah rumah sakit akan diolah sedemikian rupa sehingga aman digunakan.  Setidaknya bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Kita coba seramah mungkin lah dengan lingkungan, ‘ ujar Sumartono.

Sumartono memperkirakan pemasangan IPAL akan selesai dalam 1,5 bulan dengan komisioning testnya. Pemasangan IPAL dengan anggaran Rp 960 juta tersebut sengaja dipisah dari proyek fisik pembangunan rumah sakit. “Kemarin hasil ngobrol dengan Pak Wali, hal-hal khusus seperti halnya pemasangan IPAL sebaiknya dipisah dari pengerjaan fisik. Kalaupun dijadikan satu, konsepnya  pasti di-subkontraktorkan, jika disubkontraktorkan pasti akan kacau balau,” paparnya.

Sumartono menyatakan jika ada pihak-pihak yang menyatakan RSUD tidak dilengkapi IPAL, hal itu tidak benar. “Jika tidak ada IPAL nya trus saya mendapatkan ijin operasional darimana,“ tegas Sumartono.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge