0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lulusan SMK Dominasi Dunia Usaha

Kegiatan Workshop Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di SMKN 1 Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten — Peluang lulusan SMK untuk terjun dalam dunia usaha dan dunia industri terbilang mendominasi dibandingkan dengan lulusan SMA. Bahkan tingkat persentase 70 persen banding 30 persen.

Demikian diungkapkan anggota Dewan Pendidikan Klaten, Tarmuji, dalam Workshop Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di SMKN 1 Klaten, Kamis (14/6).

Hal itu, menurut Tarmuji, bekal ketrampilan yang dimiliki lulusan SMK menjadi keunggulan tersendiri untuk lebih siap dalam membangun dunia usaha dan menciptakan lapangan kerja.

“Meski tidak langsung mendirikan perusahaan besar, paling tidak mereka sudah bisa menciptakan lapangan kerja sendiri,” ujar Tarmuji.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Klaten, Otto Saksono mengatakan, pentingnya mendatangkan para pelaku usaha di sekolah. Hal ini akan bisa memberikan gambaran riil tentang bagaimana menjadi seorang entrepreneurship.

“Paling tidak akan memotivasi para siswa SMK menjadi seorang wirausahawan. Sehingga setelah lulus nanti mereka bisa membuka lapangan kerja baru,” ujar Otto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge