0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Soal Hibah Pendidikan, DPRD Wacanakan Audit Lanjutan

Wakil Ketua DPRD Surakarta, Supriyanto (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo – Pimpinan DPRD Kota Surakarta  berencana meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengadakan audit lanjutan atas sejumlah hibah pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Surakarta terkait catatan Laporan Hasil Pemeriksaaan (LHP) BPK atas Pelaksanaan Pertanggungjawaban APBD tahun 2011.

Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta Supriyanto mengatakan, audit lanjutan ini dirasa perlu karena Dikpora tidak kunjung melaksanakan laporan pertanggungjawaban (LPj)  hibah pendidikan sesuai rekomendasi BPK. “Dua Pimpinan Dewan sudah menyetujui untuk diadakan audit lanjutan. Hanya saja keputusannya akan dilakukan lewat Rapat Badan Anggaran bersama Sekda selaku Ketua TAPD,” ujar Supriyanto kepada wartawan, di Gedung Dewan, Kamis (14/6).

Supriyanto mengatakan, audit ini dirasa perlu supaya persoalan anggaran pendidikan dapat diurai kemana dan bagaimana pemanfaatannya. “Melalui audit nanti akan diketahui bagaimana pemanfaatan anggaran pendidikan tersebut,” tambah Supriyanto.

Saat ditanya kapan rencana audit akan dilakukan , Supriyanto menjawab akan segera mengajukannya. Dikpora sendiri merupakan satu-satunya SKPD yang akan diajukan audit lanjutan mengingat LPj hibahnya yang belum dilaporkan cukup besar nilainya. Meskipun mendapat predikat Wajar Tanpa Perkecualian (WTP), BPK memberikan sejumlah catatan untuk ditindaklanjuti dalam 60 hari. catatan -catatan tersebut diantaranya sejumlah SKPD yang tidak membuat LPj.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge