0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Surat Balasan Tedjowulan Baru Dibahas

KP Eddy Wirabhumi (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Surat balasan atas permohonan maaf KGPH Panembahan Agung Tedjowulan kepada Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi akan ditetapkan pada Kamis (14/6) ini. Saat ini, di dalam keraton sedang berlangsung pertemuan kerabat Kusumawandawa untuk membahas surat balasan tersebut.

Kepala Eksekutif Lemabaga Hukum Keraton, KP Edy Wirabhumi menjelaskan, pihaknya berupaya agar surat balasan pada Tedjowulan bisa disampaikan hari ini juga. Mengingat, pelaksanaan Jumenengan PB XIII Hangabehi akan dilakukan besok (Jumat 15/6) pagi. “Sekarang sedang dipelajari dan segera mungkin akan disampaikan balasannya,” katanya kepada wartawan, Kamis (14/6).

Mekanismenya, lembaga Kusumawandawa sebagai penerima surat permohonan maaf akan melaporkannya pada Sasana Wilapa. Selanjutnya, dari Sasana Wilapa akan disampaikan kepada Hangabehi. “Kemudian dari Sinuhun (Hangabehi) paring dawuh lagi pada Sasana Wilapa, kemudian dilanjutkan pada Sasana Kusumawandawa, yang kemudian akan disampaikan pada Gusti Tedjo (Tedjowulan) sebagai surat jawabannya,” terangnya.

Edy mengakui, prosedur pembahasan surat balasan pada Tedjowulan dilakukan melalui prosedur formal. “Nanti kan jadi dokumen sejarah,” tambahnya. Dengan adanya rapat di dalam tubuh Kusumawandawa, diharapkan bisa menjadi semacam rekomendasi atau bahan pertimbangan pada Hangabehi.

Sementara, prosesi masuknya Tedjowulan ke dalam keraton sampai saat ini juga masih dibahas. Sesuai dengan prosedur keraton, kemungkinan Tedjowulan akan masuk melalui pintu Kusumawandawa yang letaknya di sisi sebelah timur kompleks keraton. Setelah melalui prosesi di Kusumawandawa, Tedjowulan baru diperbolehkan masuk ke keraton melalui kori Kamandungan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge