0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wereng Datang Akibat Pola Tanam Tak Serentak

Jigong: Tindak Tegas Petani yang Ngeyel!

Jigong Sarjanto, Ketua P3A Dam Colo Timur (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Pola tanam serentak yang dicanangkan Bupati Wardoyo Wijaya dan Dirjen Prasarana Pertanian beberapa waktu lalu gagal terealisasikan di Kabupaten Sukoharjo. Kegagalan itu dibuktikan dengan kembali merebaknya wereng batang coklat yang menyerang tanaman padi petani di Sukoharjo.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, Kamis (14/6) mengungkapkan, pola tanam serentak tidak terealisasikan sepenuhnya. Sejumlah petani tidak mau mengikuti anjuran pola tanam serentak yang telah dicanangkan Bupati beberapa waktu lalu. Hal ini menunjukkan, bahwa Pemerintah tidak maksimal dalam menerapkan pola tanam serentak sebagai salah satu upaya membasmi hama.

“Pemerintah tidak maksimal menerapkan pola tanam serentak. Hanya dicanangkan terus kelanjutannya tidak ada. Buktinya masih banyak petani yang menanam padi tidak sesuai waktu yang di anjurkan. Ada yang sudah panen, ada yang baru saja menanam. Sehingga makanan bagi hama terus ada,” ungkapnya.

Pihaknya berharap Pemerintah Daerah memberikan penekanan terhadap petani dalam menerapkan pola tanam serentak. Karena dengan pola tanam serentak, merupakan cara yang paling manjur memutus siklus hama, terutama wereng batang coklat. Kalau perlu diterapkan tindakan tegas bagi petani yang ngeyel.

“Seharusnya Bupati memberikan penekanan kepada petani melalui Dinas Pertanian, agar pola tanam serentak benar-benar direalisasikan. Sehingga hama wereng tidak muncul lagi seperti ini. Bisa saja kan memberikan tindakan tegas kepada petani yang ngeyel, seperti tidak diberi pasokan air misalnya,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati diharapkan menjalin koordinasi dengan Kepala Daerah lain di wilayah Soloraya terkait penerapan pola tanam serentak. “Kalau hanya pola tanam serentak di Sukoharjo saja percuma. Harus wilayah Soloraya, agar siklus hama wereng benar-benar terputus,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge