0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua DPKS: Pencairan BPMKS Berbelit-belit

Ketua Dewan Pendidikan Kota Surakarta (DPKS), Ichwan Dardiri (dok.timlo.net/Niza)

Solo — Ketua Dewan Pendidikan Kota Surakarta (DPKS) Ichwan Dardiri mendukung usulan pembenahan penyaluran Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS).

“Ya, BPMKS harus tepat sasaran, lebih efektif, efisien dan transparan,” kata Ichwan Dardiri ditemui disela-sela acara pelepasan siswa SMPN 1 Solo di Gedung Graha Saba Buana, Kamis (14/6).

Menurutnya, pembenahan terhadap mekanisme pencairan dana BPMKS itu perlu dilakukan, mengingat selama ini berbelit-belitnya proses tersebut menyebabkan dana itu (BPMKS) belum terserap optimal. “Walaupun pengawasan terhadap penerima bantuan itu dilakukan secara ketat, proses pencairannya harus dapat disederhanakan,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam mekanismenya,  BPMKS itu merupakan hibah dari Pemkot ke sekolah negeri, bukan ke masyarakat atau siswa. Terkait pelaporannya, yaitu dari sekolah yang kurang memenuhi batas waktu, hal tersebut dikarenakan keterlambatan pencairan dan persepsi yang memakai tahun ajaran sekolah.

“Karena terlambat pencairannya, maka orangtua siswa harus membayarnya terlebih dahulu. Baru setelah dananya (BPMKS) cair, uang orantua siswa itu dikembalikan. Itu kan artinya bantuan itu tidak tepat sasaran? Karena tidak bisa digunakan langsung saat dibutuhkan orangtua atau siswa. Kuncinya hanya masalah pada administrasi dan supaya administrasi bisa dilaksanakan ya tak akan seperti ini. Mungkin yang dari SD itu, kalau SMP kan ada dana komite. Kalau pinjem orangtua ya saya tak tau prosedurnya itu. Nah yang dikhawatirkan kalau pinjem tapi nggak dikembalikan itu yang bermasalah,” tandasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge