0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pakubuwono XIII Serahkan Gelar Bangsawan

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.net/ Abednego Afriadi)

Solo — Hari ini, Kamis (14/6) dilakukan penyerahan gelar bangsawan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Penyerahan gelar yang diberikan kepada abdi dalem dan sentana dilaksanakan di 3 tempat terpisah, yakni Sasana Putra, Sasana Semarakatha dan Sasana Sidikoro. Sementara Jumat (15/6) akan digelar Jumenengan Pakubuwono (PB) XIII Sinuhun Hangabehi.

Kepala Eksekutif Lembaga Hukum Keraton, KP Edy Wirabhumi menjelaskan, pemberian sertifikat gelar yang dilakukan pada hari ini merupakan pemberian gelar kepada sejumlah abdi dalem dan sentana yang belum sempat hadir pada Sabtu (9/6) dan Minggu (10/6) kemarin. “Ada yang dapat gelar baru dan ada yang naik pangkat,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (14/6).

Dijelaskan, alasan pemberian gelar dilakukan di 3 tempat karena masalah efektivitas waktu dan tenaga. “Untuk yang level tertentu dilakukan langsung oleh Sinuhun (Pakubuwono XIII Hangabehi) di Sasana Putra,” terangnya.

Pemberian gelar di Sasana Semarakatha dilakukan dari Bebadan Keraton, KPH Kusumosangkaya, mewakili PB XIII Hangabehi. Sedangkan penyerahan gelar yang dilakukan di Sasana Putra dilakukan secara tertutup.

Sementara, salah seorang panitia wisudan abdi dalem keraton, KRT Citro Hadiningrat mengatakan, sejumlah gelar yang diberikan pada abdi dalem meliputi KRAT, KRT, dan RT. Secara keseluruhan, pemberian gelar yang dilaksanakan pada hari ini meliputi 12 orang di Sasana Semarakatha, 15 orang di Sasana Sidikara. Jumlah penerima gelar di Sasana Putra sampai saat ini belum diketahui karena dilaksanakan secara tertutup.

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge