0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Keraton Art Festival Kenalkan Kreasi-kreasi Keraton

Tari Srimpi ditampilkan dalam pembukaan Keraton Art Festival 2012 di Siti Hinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (13/6) malam. (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Keraton Art Festival 2012 yang di gelar di Siti Hinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (13/6) malam dibuka dengan menampilkan karawitan dan tari-tarian, di antaranya Tari Srimpi. Acara tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan kepada publik kreasi-kreasi dari keraton.

KRMH Satriyo Hadinegoro selaku Ketua Pelaksana Keraton Art Festival 2012 mengatakan, acara tersebut dalam rangka melestarikan budaya agar khasanah budaya yang belum digali dapat ditunjukkan supaya mencapai kota budaya. “Khasanah budaya yang belum digali terus kita gali agar bisa menjadi kota budaya,” katanya.

Selain karawitan dan tari juga ditampilkan kuliner khas Solo yang nantinya diharapkan bisa menjadi icon Kota Surakarta.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Solo, Widdi Srihanto mengatakan, dalam acara Keraton Art Festival 2012 nantinya akan dusuguhkan budaya dari berbagai macam jenis tari sebagai wujud bahwa Surakarta merupakan kota budaya.

Diharapkan dalam event ini semua stakeholder dapat mengenal tari-tari dari Solo yang disuguhkan. Nantinya akan berimbas pada tercapainya Kota Surakarta yang terbranding sebagai icon budaya internasional.

Dalam acara Keraton Art Festival 2012 tidak cuma keraton saja yang berperan aktif, melainkan masyarakat juga ikut dilibatkan. Sementara pada tanggal 15 Juni rencananya Keraton Kasunanan Surakarta menggelar acara Jumenengan Pakubuwono XIII.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge